×

Manfaat Buah Bit

2018-10-30 - Admin

Buah bit adalah tanaman yang berasal dari keluarga Amaranthaceae-Chenopodiaceae. Artinya, buah bit masih satu keluarga dengan sayuran lobak dan sayuran berakar lainnya.

Buah bit atau buah bit merah merupakan tanaman sejenis umbi yang berwarna ungu kemerahan. Bentuknya menyerupai kentang serta manfaat buah bit juga terdapat pada akar dan tangkainya. Biasanya buah bit dikonsumsi dengan cara dijus atau diolah lagi menjadi santapan dengan tekstur lembut.

Banyaknya nutrisi yang terkandung dalam buah bit membuat umbi yang sering kali disangka buah ini, memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Apa saja manfaat “buah” bit?

Mencegak kanker

Fitonutrien di dalam bit, seperti betalains bermanfaat untuk menghambat pembentukan karsinogen dan meningkatkan produksi sel imun, serta enzim tubuh yang membantu menghentikan produksi sel kanker.

Menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung

Bit kaya akan nitrat. Dalam tubuh, zat ini akan berubah menjadi nitrit oksida yang berperan dalam penurunan tekanan darah. Bahkan, ada bukti yang menunjukkan bahwa jus bit mampu mengurangi tekanan darah, walau hanya sedikit. Beberapa penelitian sejauh ini menemukan bahwa pigmen merah betasianin dan antioksidan di dalam bit diduga memainkan peran dalam mengurangi peradangan yang terkait dengan penyakit jantung.

Baik bagi penderita diabetes

Manfaat buah bit juga bisa dirasakan oleh penderita diabetes. Bit mengandung antioksidan asam alpha-lipoic yang diduga bisa mencegah kerusakan sel dan membantu menyembuhkan saraf yang rusak pada penderita diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa manfaat buah bit dalam memperbaiki kadar gula darah terlihat lebih signifikan pada mereka yang mengalami obesitas, dibandingkan mereka yang berat badannya ideal.

Meningkatkan kinerja fisik

Ingin lari lebih cepat atau naik sepeda lebih kencang? Minum saja jus bit sebelum berolahraga. Menurut penelitian, minum jus bit diduga mampu meningkatkan kinerja fisik dan stamina kita.

Memiliki sifat antiradang

Proses peradangan sebenarnya merupakan respon alami tubuh untuk melawan benda asing. Tetapi jika peradangan berlangsung lama atau kronis, maka ada dampak buruk bagi kesehatan yang dapat terjadi, seperti kerusakan pembuluh darah dan kerusakan jaringan tubuh. Salah satu manfaat buah bit adalah dapat menekan peradangan dan mencegah kerusakan di dalam tubuh.

Baik bagi ibu hamil dan janin

Seperti disebutkan di atas, bit kaya akan folat. Zat yang satu ini sangat penting dikonsumsi oleh ibu hamil. Folat membantu mencegah cacat tabung saraf pada janin dan menurunkan risiko bayi terlahir prematur. Namun, konsumsi jumlah bit dalam ibu hamil tidak boleh terlalu banyak.

Mendukung kerja saraf dan otot

Mencegah kram otot, kelelahan, dan irama jantung tidak beratur juga menjadi salah satu manfaat buah bit. Bit kaya akan mineral kalium yang membantu saraf dan otot berfungsi dengan baik.

Memelihara kesehatan saluran pencernaan

Buah bit yang mengandung serat dan antioksidan terlihat memiliki efek baik bagi saluran pencernaan. Kandungan nutrisi ini membuat buah bit dapat membantu kelancaran proses pencernaan. Beberapa penelitian menyatakan bahwa manfaat buah bit adalah juga untuk mencegah kerusakan dinding saluran cerna karena proses peradangan, konstipasi, dan kanker usus besar.

Manfaat “buah” bit memang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Anda dapat membeli Buah Bit melalui situs belanja Buah dan sayur online, www.carisayur.com. Namun, berbagai manfaat tersebut masih membutuhkan bukti dan penelitian lebih lanjut. Meski buah bit memiliki segudang khasiat, bukan berarti Anda dapat mengonsumsi bit dalam jumlah besar. Terlalu banyak makan bit justru dapat menurunkan kadar kalsium dalam tubuh, merusak ginjal, bahkan memperparah penyakit ginjal.


Support
Customer Service
Halo, ada yang bisa kami bantu?
+6281287711202
×
Carisayur WA